Peran Humas dan Wajah Institusi

18.33 Unknown 0 Comments

Related image

tugas biro konsultasi pr - Di era keterbukaan info dan sosial media seperti saat ini, Hubungan Orang-orang memegang peran yang sangat penting untuk melindungi reputasi dan muka institusi, terutama tempat kita bekerja dan mencari nafkah. Keleluasaan setiap orang untuk menulis dan buat berita dan melakukan pengaduan dengan beragam cara buat kita harus senantiasa siaga bila ada beberapa hal yang nyatanya dapat mencederai nama baik institusi kita. Di DJP, peranan Hubungan Orang-orang ini dipegang oleh Seksi Hubungan kerja dan Hubungan Orang-orang yang berada di setiap Kantor Lokasi DJP dari Sabang sampai Merauke termasuk Kanwil DJP Harus Pajak Besar dan Jakarta Khusus. Walau terkadang dipandang sepele, namun saat terjadi krisis yang menyangkut nama baik institusi, dan sayangnya sering terjadi, seksi ini adalah seksi pertama yang di cari dan disuruh untuk menetralisir kabar berita. Lucunya, nyaris beberapa besar atau barangkali semua pegawai di DJP tak ada yang tekuni pengetahuan komunikasi. Beberapa besar pegawai yang bekerja di kehumasan juga mungkin tidak semuanya sempat bekerja atau memiliki pengalaman di bagian hubungan orang-orang. Dengan keadaan begini, tidak bermakna kalau kehumasan dapat dipandang pelengkap di institusi tempat kita bekerja tetapi kewajiban karena muka institusi tempat kita bekerja dan bagaimana kita ingin diliat oleh umum berada di tangan kehumasan.

Di beragam negara maju dan perusahaan-perusahaan besar, kehumasan telah dipandang jadi bagian penting untuk organisasi. Saya sempat berjumpa dengan salah seseorang entrepreneur yang nyatanya dia miliki tim kehumasan sendiri. Pekerjaan dari tim itu adalah mengikuti dimanapun entrepreneur itu pergi dan senantiasa melindungi hubungan baik dengan beberapa wartawan. Tim itu dengan teratur melakukan pertemuan dengan beberapa wartawan, baik bikin ataupun elektronik dan memberi info terbaru tentang aktivitas entrepreneur itu. Tim itu juga aktif mengelola sosial media entrepreneur dan senantiasa memonitor berita terlebih yang menyangkut entrepreneur atau perusahaan yang dipunyainya. Saat saya tanyakanlah ke pimpinan tim kehumasan entrepreneur itu, seberapa pentingnya dia dan timnya senantiasa mengikuti kemana pun entrepreneur itu pergi? Dia menjawab kalau perannya sangat penting untuk mendokumentasikan semua aktivitas dan meyakinkan kalau tak ada kabar berita yang salah tentang entrepreneur itu karena bila ada sekali saja ada wartawan yang menulis berita yg tidak benar, maka reputasi entrepreneur itu dapat juga dipengaruhi dan masalahnya dapat panjang, dari mulai pertanyaan beberapa pemegang saham, karyawan, entrepreneur beda dan dapat pula memengaruhi harga saham perusahaannya. Tidak cuma swasta, beragam lembaga pemerintah di negara maju juga berasumsi kehumasan adalah hal yang sangat penting, misalnya di Amerika Serikat, Australia dan beda sebagainya.

Di DJP sendiri, peranan kehumasan juga makin dipandang penting karena banyak aktivitas yang bisa dipublikasikan. Hubungan dengan beberapa wartawan tidak cuma dijalin dengan komunikasi yang baik, tetapi dengan senantiasa memberi info yang diperlukan oleh beberapa wartawan, terlebih tentang data. Salah satu contoh di mana peranan kehumasan sangat penting adalah ketika kita juga akan membuat konferensi pers. Aktivitas yang paling penting adalah saat kita mempersiapkan tayangan pers (press release) yang perlu disusun dengan sangat jeli dan cermat karena menyangkut data dari unit yang juga akan diberitakan. Kata untuk kata yang ditulis harus sesuai sama aturan kabar berita hingga beberapa wartawan akan tidak salah menangkap pesan yang ingin kita berikan. Jika kita tidak maksimal dalam merajut hubungan baik dengan beberapa wartawan, reputasi institusi tempat kita bekerjalah yang juga akan jadi taruhan. Peranan kehumasan di DJP juga bukan sekedar terbatas problem komunikasi eksternal, tetapi juga menyeimbangkan komunikasi internal sesama pegawai ditempat kita bekerja. Makin sering kita memberi info yang berguna pada beberapa pegawai, maka organisasi akan memperoleh faedahnya.

Bersamaan dengan perubahan zaman, kehumasan nyatanya memegang peran yang penting dan sangat strategis. Bahkan juga seseorang Bill Gates, pendiri Microsoft dan saat ini jadi Ketua Yayasan Bill and Melinda Gates Foundation yang saat ini adalah orang paling kaya didunia menyebutkan, " Bila saya bangkrut sampai hanya tersisa uang paling akhir, saya juga akan memakainya untuk kehumasan ". Peranan kehumasan adalah muka institusi dan telah semestinya institusi memakainya untuk kebutuhan yang semakin besar dan lebih baik sekali lagi.

Lihat juga : kelebihan dan kekurangan corporate pr

You Might Also Like

0 comments: